Koneksi 5G Dipastikan Akan Muncul Pada 2020, Berapa Kecepatannya?

Jannet 16.11
Ilustrasi Speedtest. © phone arena

Saat ini kita sudah sampai di era 4G. Kecepatan mengunduh di era ini bisa ribuan kali lebih tinggi dari pertama kali internet mobile muncul. Lalu, Siapkah Anda untuk koneksi yang lebih cepat lagi?

Benar, koneksi 5G sudah berada tidak jauh lagi di depan kita. Koneksi yang digadang-gadang bisa 10x lebih cepat dari koneksi 4G LTE Advanced ini, dilaporkan oleh Phone Arena akan muncul di 2020 mendatang. Tak bisa cepat, karena proses menuju ke sana sangat panjang dan berliku.

Secara komersial, 5G telah sah akan pertama kali dibawa ke konsumen oleh provider Verizon khusus di area Amerika Serikat. Namun sebelum itu, haris ada standardisasi dari berbagai teknologi jaringan, spektrum nirkabel harus dialokasikan, dan berbagai perangkat keras transmitter harus dikembangkan dan dibangun. Oleh karena itu pengembangannya tak akan sebentar.

Meski secara komersial kita tak akan menikmati koneksi ini hingga 2020 mendatang, atau bahkan lebih lama jika di Indonesia, versi pra-standardisasi dari koneksi 5G akan dipakai secara live untuk Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan. Ini adalah peluncuran awal sekaligus uji coba teknologi jaringan terbaru.

Berapa kecepatannya?

Untuk kecepatan, 5G benar-benar mengalami peningkatan yang signifikan. Di versi belum sempurna saja, sebuah uji coba yang diadakan T-Mobile mencatat kecepatan unduh hingga 12 GB per detik. Ini 1.200 kali lebih cepat ketimbang kecepatan rata-rata jaringan 4G LTE. Namun untuk pemakaian konsumen, para penyedia jasa jaringan mungkin hanya akan memberi 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G.

Ini adalah angka yang impresif, mengingat kenaikan kecepatan rata-rata jaringan per generasi biasanya tak signifikan. Dari 3.5G ke 4G LTE, kecepatan hanya naik dari 42.2 MB per detik ke 100 MB per detik, meskipun di 4G LTE Advanced kecepatan bisa capai 1.000 MB per detik. Koneksi 5G bisa capai 10.000 MB per detik.

Source: Merdeka.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.