Tartlet Santan dengan Strawberi

Jannet 09.41
Ilustrasi tart stroberi/Strawberry tart. Shutterstock
Kue tart mini dengan topping strawberi yang rasanya nikmat

TEMPO.CO, Jakarta - Tartlet adalah padanan kata ‘kue tart’ dalam versi mini dengan topping atau penutup bagian permukaan kue dengan rasa tertentu. Dalam tartlet strawberi ini, sebetulnya beridi topping campuran santan dan keju mascarpone yang ditaburi buah strawberi. Saat digigit dan dikunyah, tartlet ini rasanya manis dan renyah.

Keju mascarpone sendiri adalah jenis keju krim triple (triple cream-cheese) dari Italia, yang terbuat dari susu krim segar. Sejatinya, keju mascarpone adalah bahan utama untuk membuat kue tiramisu.

Warnanya putih susu dan sangat lembut sehingga mudah dioleskan. Keju jenis ini juga bisa digunakan sebagai pengganti mentega atau parmesan cheese yang berfungsi mengentalkan adonan.

Untuk hidangan menyambut perayaan hari raya, tak ada salahnya membuat Tartlet Santan dengan Strawberi yang diadopsi dari laman Taste ini:

#Bahan:

250 gr keju mascarpone

50 ml santan

2 sdt parutan kulit lemon

100 gr gula

½ sdt vanilla

350 gr stroberi, belah 2

8 buah kue tartlet*

#Bahan tartlet:

250 gr tepung terigu150 gr mentega1 sdm gula halus2 kuning telurvanili bubuk secukupnya#Cara membuat:

- Aduk mentega dengan gula halus sampai lembut. - Masukkan kuning telur dan vanili, kocok. - Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk sampai rata. - Bungkus adonan dalam plastik dan diamkan dalam lemari pendingin sekitar 15 menit.- Tipiskan adonan dan cetak dalam loyang pie, tusuk bagian bawah dengan garpu- Panggang hingga matang, angkat dan dinginkan.- Campurkan keju mascarpone, santan, parutan kulit lemon dan 30 gr gula, aduk rata. Dinginkan.

- Campurkan sisa gula dengan 125ml air dan vanilla. Didihkan, aduk, lalu didihkan dengan api kecil selama 5 menit hingga adonan berkurang setengahnya. Dinginkan. - Tuangkan campuran gula di atas stroberi.- Isi tartlet dengan campuran santan, hiasi atasnya dengan stroberi.- Sajikan

DINA ANDRIANI

 

Source: Tempo.co

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.