UMY Buka Prodi Profesi Apoteker

Jannet 13.41
Gedung Twin Tower UMY. dok/umy.ac.id KOMUNIKA ONLINE
Prodi Profesi Apoteker ini akan resmi diluncurkan pada Februari 2017.

KOMUNIKA, Jakarta - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY) membuka Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) pada smester genap tahun ajaran 2016/2017. Menurut Indriastuti Cahyaningsih, salah seorang tim persiapan pendirian Prodi Profesi Apoteker, alasan dibukanya prodi profesi baru tersebut salah satunya karena saat ini di Indonesia perbandingan jumlah prodi S1 Farmasi dengan prodi Profesi Apoteker belum seimbang.

Indri menyebutkan, data perbandingan program S1 Farmasi berjumlah sekitar 140an sementara Profesi Apoteker sendiri masih berjumlah 35. Melihat data tersebut, lanjut Indri, maka diperlukan keberlanjutan dari program Sarjana Farmasi. “Sehingga diharapkan dapat menjadi tempat para sarjana farmasi untuk melanjutkan ke jenjang profesi agar siap kerja,” katanya.

Menurut Indri, persiapan pendirian prodi tersebut telah berlangsung selama kurun waktu dua tahun. Untuk periode pertama nanti, kuota mahasswa yang diterima berjumlah 50 mahasiswa. Ia menyampaikan, pendaftaran akan dibuka setiap dua kali dalam setahun, atau akan dibuka setiap semester melalui program Penmaru (penerimaan mahasiswa baru). Peresmian sekaligus launching prodi Profesi Apoteker sendiri akan dilaksanakan pada 6 Februari 2017 mendatang.

“Sebagai persiapan untuk praktik kerja profesi kami telah melakukan kerjasama dengan apotek, rumah sakit, industri, serta beberapa puskesmas. Selain itu kami juga berkeinginan untuk melakukan program internasionalisasi sebagaimana yang telah dilakukan di program S1, baik dalam bentuk kerjasama penelitian maupun praktik /magang bagi mahasiswa maupun dosen,” katanya. Ia berharap prodi Profesi Apoteker dapat menjadi salah satu prodi berkualitas yang mampu meluluskan apoteker yang kompeten dan kaya dengan nilai-nilai Islami.
Rendy Hendika | umy.ac.id

Source: Tempo.co

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.